Tulisan berjalan

Kunjungi Blog RENDY FIRSTDETA RENALDY

Rabu, 18 Maret 2015

Tugas 1 Bahasa indonesia

                                                                Artikel Deduktif
         Sebagian orang berpendapat, bahwa mengajar adalah proses penyampaian atau mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Tetapi tampaknya pendapat ini harus jauh-jauh ditinggalkan, karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman. Kini mengajar harus kita maknai sebagai sebuah kegiatan yang komplek, yaitu penggunaan secara integratif sejumlah keterampilan untuk menyampaikan ilmu. Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud di sini harus dilandasi dengan seperangkat teori dan diarahkan oleh suatu pengetahuan/wawasan. Sedangkan penearapannya akan menjadi unik bila dipengaruhi oleh semua komponen belajar mengajar. Komponen yang dimaksud adalah tujuan yang hendak digapai, ilmu yang ingin disampaikan, seubjek didik, fasilitas dan lingkungan belajar, dan yang tidak kalah penting adalah keterampilan, kebiasaan dan wawasan guru tentang dunia pendidikan dan misinya sebagai pendidik.

Jika mengajar dipahami sebagai kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa, maka mengajar itu sendiri hanya akan terbatas pada penyampaian ilmu itu saja. Guru di pihak pertama menyampaiakan ilmu dan siswa di pihak kedua akan menerima secara pasif. Prosesnya pun bisa diketahui, pembelajaran akan berjalan secara membosankan. Karena yang mendominasi pembelajaran adalah guru, sedangkan siswa hanya sebagai penerima.

Namun, apabila mengajar dimaknai sebagai segala upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk menciptakan proses belajara pada siswa dan mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka jelas bahwa yang menjadi sasaran akhir dari proses pengajaran itu ialah siswa belajar. Artinya dalam hal ini segala upaya apapun dapat dilakukan selagi bisa dipertanggungjawabkan, dan bisa menghantarkan siswa menuju pencapaian tujuan belajar yang telah dicanangkan, artinya siswa belajar secara aktif, dan yang mendominasi dikelas adalah siswa.

Kesimpulannya, hakekat menjajar itu merupakan usaha guru menciptakan dan mendesain proses belajar pada siswa. Jadi yang terpenting dalam belajar mengajar itu bukanlah bahan yang disampaikan oleh guru, akan tetapi proses siswa dalam mempelajari bahan tersebut (guru lebih menghargai proses dari pada hasil). Sekali lagi peranan yang menonjol dalam belajar mengajar ada pada siswa, ini bukan berarti bahwa peranan guru tersisihkan, hanya diubah saja.

Jadi, guru yang profesional adalah guru yang dapat melakukan tugas mengajarnya dengan baik melalui keterampilan-keterampilan khusus agar tercipta sebuah pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan meyenangkan.

Sumber :  http://nadhirin.blogspot.com/2013/05/guru-profesional_7.html

kalimat umum :  
Kini mengajar harus kita maknai sebagai sebuah kegiatan yang komplek

kalimat khusus : 
Pengintegrasian keterampilan-keterampilan yang dimaksud di sini harus dilandasi dengan seperangkat teori dan diarahkan oleh suatu pengetahuan/wawasan.

Contoh paragraf Deduktif 
 balon sebenarnya adalah pesawat terbang yang paling sederhana . biasanya terdiri dari kantng bulat yang terbuat dari kertas, atau sutra yang di lapisi karet . didalam nya  terdapat udara panas hidrogen dan helium.kantong itu dapat ikatkan dengan tali atau jala kesebuah keranjang untuk membawa penumpang atau barang.

Kalimat Umum :
 balon sebenarnya adalah pesawat terbang yang paling sederhana

Kalimat Khusus :
 biasanya terdiri dari kantng bulat yang terbuat dari kertas, atau sutra yang di lapisi karet .

Slide Power Point soal Penalaran Deduktif 
1. My : Penyakit yang disebabkan oleh virus sulit di obati
    Mn : Demam berdarah di sebabkan oleh virus 
    K    : Demam Berdarah Sulit diobati 
    E    :  Demam berdarah sulit di obati karna disebabkan oleh virus

2. My : Semua petani yang baik adalah petani yang menggarap sawah nya setiap tahun 
    Mn : Paijo Menggarap tanah pertanian nya setiap tahun 
    K    : Paijo adalah petani yang baik 
    E     : Paijo adalah petani yang baik karna menggarap tanah nya setiap tahun 

3. My : Tidak satupun prajurit TNI yang menjadi komandan pasukan asing 
    Mn : Piere Prajurit TNI 
    K    : Piere tidak menjadi pasukan komandan asing 
    E    : piere tidak menjadi komandan pasukan asing karna piere prajurit TNI 

4. My : Manusia bersifat selalu ingin tahu 
    Mn : Mahasiswa adalah manusia 
    K    : Mahasiswa bersifat selalu ingin tahu 
    E    : Mahasiswa bersifat selalu ingin tahu karna mahasiswa adalah manusia 

5. My : Tidak ada benda cair yang mengalir ketempat yang lebih tnggi 
    Mn : Batu bukan benda cair 
    K    : Batu mengalir ketempat yang lebih tinggi 
    E    : Batu mengalir ketempat yang lebih tinggi karna batu bukan benda cair 
  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar