Tulisan berjalan

Kunjungi Blog RENDY FIRSTDETA RENALDY

Minggu, 16 Maret 2014

Etika Menulis di Internet

Etika Menulis di Internet
Ada beberapa yang harus diperhatikan etika menulis di internet , hal ini dibutuhkan agar tidak menyinggung perasaan orang lain. salah satu seminar quarter deck 1996 merumuskan etika berinternet yang oleh sekelompok orang bernama "TEN COMMANDMENTS OF THE NET" , mereka berharap etika ini dapat diperganakan untuk membuat internet semakin bermanfaat bagi manusia.Cara - cara menulis intene yang baik :1.) Gunakan bahasa yang sopan artinya hal ini sudah menjadi nomer satu karena orang akan menghargai jika kita berkata - kata dengan sopan.2.) Jangan menuli huruf kapital artinya menggunakan caps look , mengaap ? karna dapat diartikan kita sedang berteriak- teriak seperti marah.hal ini tidak sopan dan tidak sepantas untuk dilakukan.3.) Menulis dengan menggunakan EYD Mungkin kebanyakan orang banyak menulis dengan bahasa - bahasa denga bahasa - bahasa yang tidak dimengerti oleh orang lain. seperti contoh : k4p4n l@g! m@3n c3 Z06za? (Kapan lagi maen ke jogja?)banyak orang yang menulis dengan menggabungkan huruf dan angka serta huruf kapital dan huruf kecil mungkin ada beberapa orang bisa membaca nya hal ini menyebabkan miss understanding.4.) Jangan menulis hal - hal tentang sara dan pornografi artinya setelah kita mengetahui cara cara menulis di internet dengan baik , sekarang kita akan mengetahui etika etika dalam menulis di internet.berikut ini adalah etika etika dalam menulis di internet :
1.) jagalah nama baik anda di internet seperti anda menjaga nya di kehidupan nyata artinya banyak orang melakukan itu kalau mereka merasa kalau di internet tidak dikenali.
2.) Perhatikan tulisan anda sebelum melakukan posting , apakah tulisan itu membuat orang lain tersinggung atau terganggu.
3.) Jangan menulis kata-kata yang berbau sara hal itu akan memicu terjadinya pertikaian 
4.) Menggukan bahasa yang baik dan benar.
5.) Jika ingin mengambil karya tulis orang lain , harus ditulis sumbernya.
6.) Jangan melakuan flood artinya flood disinih maksudnya mengulang posting yang sudah kita postingkan.
7.) Siaplah memaafkan kesalahan seseorang artinya internet yang dihuni banyak orang , bukan komputer dan manusia dapat saja berbuat salah.
8.) Lakukan pembetulan seperlunya dan jangan segan untuk bertanya atau minta bantuan.
9.) Ingatlah bahwa di internet anda berhubungan dengan manusia bukan cuman komputer artinya perlakukanlah mereka sebaik perlakuan yang anda terima yang akan sepadan dengan cara anda memperlakuan mereka .

Negara kitapun telah membuat peraturan yang dicantumkan pada UUD pada tahun 2008 aturan itu adalah undang - undang informasi dan transaksi elektronik atau UU ITE pada UU ITE perbuatan yang dilarang menyangkut isi tulisan yang tertuang pada BAB VII pasal 27 ayat 1 sampai 4 dan pasal 28 ayat 1 dan 2. 
  
Sumber :
 http://anderzt.blogspot.com/p/tata-cara-etika-menulis-di-internet.htmluf 
http://putrilittleholiday.blogspot.com/2011/06/ada-beberapa-etika-menulis-di-internet.html
http://seedqyandy.wordpress.com/2013/01/18/etika-menulis-di-internet/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar